Kamis, 03 Desember 2015

FASILITASI PRIMOSI PRODUK UMKM Tingkat Kelurahan Regolwetan



Sebanyak 55 orang pelaku UMKM se-Kelurahan Regolwetan mengikuti kegiatan Fasilitasi Promosi Produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Tingkat Kelurahan Regolwetan di Bale Sawala (Aula) Kelurahan Regolwetan.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 16 September 2015 mendatangkan Narasumber dari Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) dan Bank Sumedang. Narasumber dari Diskoperindag menyampaikan materi tentang “Kebijakan Pemerintah Daerah terhadap Promosi Produk dan Pembinaan UMKM” dan “Inovasi Pengemasan Produk UMKM”. Sedangkan Narasumber dari Bank Sumedang menyampaikan materi tentang “Kredit KUSUMA sebagai alternatif sumber permodalan bagi UMKM”.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini yaitu : 1) untuk memberikan gambaran kepada pelaku UMKM tentang kebijakan Pemda dalam pembinaan UMKM khususnya fasilitasi promosi produk UMKM, sehingga pelaku dapat memanfaatkan setiap kebijakan dimaksud; 2) untuk mendorong pelaku UMKM agar lebih inovatif lagi dalam pengemasan produknya sehingga lebih menarik dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi; 3) guna mensosialisasikan program unggulan Pemda Sumedang yaitu Kredit Usaha Senyum Manis (KUSUMA), yang mana sejatinya bisa dijadikan alternatif sumber permodalan bagi pelaku UMKM sekaligus bisa menekan praktek rentenir di kalangan masyarakat.

Harapannya, dengan adanya kegiatan ini UMKM di wilayah Kelurahan Regolwetan bisa lebih produktif, bersaing, dan berkembang sehingga nantinya bisa berpengaruh yang signifikan terhadap peningkatan perekonomian masyarakat dan Indeks Daya Beli.

UMKM yang telah teruji kokoh dalam menghadapi krisis ekonomi dan moneter, tentu keberadaannya perlu mendapat perhatian dan pembinaan serta perlindungan dari pemerintah termasuk pemerintah daerah sehingga keberdaannya bisa memperkokoh perekonomian nasional. Salah satu wujud perhatian dan pembinaan yang diberikan pemerintah Kelurahan Regolwetan yaitu dengan mengadakan kegiatan ini. (y2t)



0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com